5 ALASAN KULIT TERLIHAT KUSAM, DAN BAGAIMANAKAH SOLUSINYA?

Sering kali saya mendapat keluhan pasien tentang wajah yang semakin lama semakin kelihatan kusam sehingga mereka tidak pede untuk tampil di muka umum.

Misalnya pasien saya yang bernama Lina…
“Dok, kemarin saya melihat foto beberapa tahun yang lalu, saya bandingkan dengan kondisi wajah saya sekarang..kok kelihatan lebih kusamya… tidak cerah dan glowing lagi seperti dulu…”.

Setelah memetakan banyak kasus pasien saya dengan wajah kusam dan tidak glowing lagi, maka minimal ada lima alasan utama mengapa kulit kita terlihat kusam dan bagaimana pula solusinya:
1. Sel Kulit mati
Salah satu alasan utama kulit terlihat kusam adalah adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati dapat membuat wajah kita terlihat keabu-abuan dan kusam.
Solusinya: Kita perlu melakukan pengelupasan (peeling) kulit luarsekali atau dua kali dalam seminggu. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan scrub alami. Saat menggosok, pastikan waktu pengelupasannya di malam hari jangan di pagi hari untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Mengalami dehidrasi
Alasan lain mengapa kulit Anda terlihat kusam adalah dehidrasi. Ketika kulit kita mengalami dehidrasi dari dalam, maka akan terlihat pucat.
Maka Minum air yang banyak adalah kunci untuk menjaga tubuh Anda tetap lembab. Gunakan juga pelembab wajah setiap pagi dan malam hari. Jika Anda tetap merasa kulit Anda mengalami dehidrasi, tambah menggunakan face oil dan serum sebelum Anda menggunakan pelembab.

3. Radiasi Matahari
Radiasi sinar matahari akan membuat kerusakan pada kulit anda. Dari bintik hitam hingga hiper pigmentasi. Kulit akanmenjadi kusam selama beberapa lama karena paparan sinar matahari ini.
Kita tahu, menghindari paparan sinar matahari adalah sesuatu yang tidak mungkin. Maka solusi terbaiknya adalah mengunakantabir surya setiap hari. Salah satu efek kerusakan akibat sinar matahari adalah melemahnya fungsi kolagen pada kulit. Maka untuk memperkuat fungsi kolagen tersebut, kita dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung retinol atau bahan-bahan lain tetapi dibawah pengawasan dokter.

4. Polusi
Kulit kita adalah korban utama dari polusi yang terjadi di kota-kota besar. Hal ini dapat mengakibatkan radikal bebas di kulit, yang juga bisa merusak kolagen. Efek selanjutnya adalah membuat warna kulit tidak rata.
Biasakanmencuci muka setiap kita tiba di rumah. Dengan cara ini kita dapat membuang semua kotoran dan polutan yang menempel pada kulit. Para ahli menyarankan menggunakan sikat pembersih pada saat cuci muka untuk membantu menghilangkan partikel kecil polusi. Untuk produk perawatan kulit, Anda dapat memakai serum dan lotion yang mengandung Vitamin C dan antioksidan.

5. Stress
Percaya atau tidak, stress dapat merusak kulit Anda. Ketika hormon stres meningkat, maka darah justru akan mengalir ke organ-organ vital dan bukan ke wajah kita. Hal Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kulit kita terlihat pucat.
Solusinya… Saat membersihkan dan memakai pelembab, pijat kulit Anda dengan lembut. Hal ini akan membantu melancarkan aliran darah dan membuat kulit Anda terlihat lebih segar.


Dr. Anik Yuni Hastuti
Owner Klinik Estetika Nisrina Skincare, Yogyakarta
Untuk konsultasi & mendapatkan produk yang sesuai dengan problem kulit silahkan klik…

Mengapa harus memakai Produk Nisrina ini: